VISI : "DISIPLIN, UNGGUL DALAM BIDANG AKADEMIK, BERPRESTASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, BERDAYA SAING, BERBUDAYA, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN BERAKHLAK MULIA."
Banner
Bioun SMA OnlineSnmptnE-RaporPipPmpDapodikKemdikbud
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 8560
Pengunjung : 2747
Hari ini : 4
Hits hari ini : 6
Member Online : 0
IP : 3.95.131.208
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

   
Agenda
09 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

NUTRISI PENTING UNTUK OLAH RAGA LARI

Tanggal : 03-12-2019 09:53, dibaca 5 kali.

Olah raga lari secara umum membuat badan sehat, tetapi jika dilakukan tanpa memperhatikan nutrisi di dalam tubuh tercukupi atau tidak, maka lari bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Ada tiga nutrisi yang harus tercukupi oleh pelari. Apa saja ketiga nutrisi itu?

1. Karbohidrat
Merupakan nutisi pertama yang harus dipenuhi oleh pelari apalagi jika berlari jarak jauh dan intensitas tinggi harus diimbangi dengan karbohidrat yang tinggi pula, meskipun sudah mengkonsumsi minuman berenergi. Asupan karbohidrat yang paling baik adalah bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi seperti nasi, ubi jalar, gandum dll.

2. Zat Besi
Nutrisi selanjutnya yang harus dipenuhi adalah zat besi karena berperan penting untuk pembentukan sel darah merah. Sesuai dengan fungsinya sel darah merah membawa oksigen ke otot tubuh. Saat berlari otot akan bekerja lebih berat sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Sumber makanan yang mengandung zat besi contohnya adalah kacang-kacangan, daging berwarna merah, tahu, bayam dll.

3. Sodium
Seorang pelari sangat memerlukan sodium ketika berlari karena berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan cairan tubuh, apalagi bagi orang yang memiliki keringat asin. Ciri-ciri orang yang memiliki keringat asin adalah  ketika keringat keluar dari area muka dan mengenai mata, maka mata menjadi perih. Sumber makanan yang mengandung Sodium adalah keju, roti, sup, minuman berenergi dll.

Itu tiga nutrisi yang harus dipenuhi oleh para pelari yang rutin. Jika ingin hidup sehat jangan melalaikan cukupi kebutuhan nutrisi tubuh, karena tubuh memerlukan nutrisi untuk menjaga ketahanannya.



Pengirim : Linda Syofyan
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas