VISI : "DISIPLIN, UNGGUL DALAM BIDANG AKADEMIK, BERPRESTASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, BERDAYA SAING, BERBUDAYA, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN BERAKHLAK MULIA."
Banner
Bioun SMA OnlineSnmptnE-RaporPipPmpDapodikKemdikbud
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 8575
Pengunjung : 2748
Hari ini : 5
Hits hari ini : 21
Member Online : 0
IP : 3.95.131.208
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

   
Agenda
09 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

PENDIDIKAN INVESTASI JANGKA PANJANG

Tanggal : 25-11-2019 15:17, dibaca 3 kali.

Pendidikan Itu Adalah Investasi Jangka Panjang

            Salah satu alat perkembangan ekonomi adalah  pendidikan. Dalam manajemen pendidikan modern salah satu fungsi pendidikan adalah fungsi teknis-ekonomis yang merujuk pada kontribusi pendidikan untuk perkembangan ekonomi. Contoh yang paling umum adalah pendidikan dapat membantu siswa mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk hidup dan berkompetisi dalam ekonomi yang kompetitif. Ini dapat dilihat bahwa semakin berpendidikan seseorang maka tingkat pendapatannya semakin baik, karena orang yang berpendidikan lebih produktif dibanding dengan yang tidak berpendidikan.

                Di negara sedang berkembang umumnya investasi  pendidikan memberikan nilai balik (rate of return) lebih tinggi. Maksudnya perbandingan antara total biaya yang dikeluarkan untuk membiayai pendidikan dengan total pendapatan yang akan diperoleh setelah seseorang lulus dan memasuki dunia kerja.  Keadaan ini karena jumlah tenaga kerja terdidik yang terampil dan ahli di negara berkembang jumlahnya terbatas dibandingkan dengan kebutuhan sehingga upah lebih tinggi dan menyebabkan nilai balik terhadap pendidikan juga tinggi (Ace Suryadi, Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Balai Pustaka, 1999, h.247).

                Pendidikan membantu siswa mengembangkan sikap dan ketrampilan yang positif sehingga menjadi warganegara yang benar dan bertanggungjawab, mengembangkan kreativitas, kesadaran estetis, bersosialisasi dengan norma dan nilai-nilai social, diharapkan mampu menghargai dan menghormati perbedaan dan pluralitas budaya sehingga memiliki sikap lebih terbuka terhadap keanekaragaman. Dengan demikian semakin banyak orang yang berpendidikan diharapkan akan lebih mudah terjadinya akulturasi budaya dan selanjutnya akan terjadi ontegrasi budaya regional atau nasional. Orang yang berpendidikan diharapkan lebih mengerti hak dan kewajibannya sehingga wawasan dan perilakunya semakin demokratis, memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara lebih, bisa menggunakan pemikiran yang berorientasi pada kepentingan jangka panjang.

                Investasi dalam bidang pendidikan tidak semata-mata untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tetapi mendongkrak perkembangan ekonomi. Perkembangan ekonomi akan tercapai apabila sumber daya manusianya memiliki etika, moral, rasa tanggung jawab, keadilan, jujur serta menyadari hak dan kewajiban. Melalui fungsi pendidikan seperti fungsi social-kemanusiaan, fungsi politis, fungsi budaya maka pendidikan adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Suatu wahana yang amat penting dan strategis untuk perkembangan ekonomi dan integrasi bangsa.

                Terakhir diharapkan pendidikan sebagai investasi jangka panjang harus menjadi pilihan utama. Orang yang berpendidikan diharapkan memiliki kesadaran untuk belajar sepanjang hayat (life long learning), selalu merasa ketinggalan informasi, ilmu pengetahuan serta teknologi sehingga terdorong untuk maju dan terus belajar.

 

Dikutip dari: Drs. Nurkolis, MM (Dosen Akademi Pariwisata Nusantara Jaya. Jakarta)

 



Pengirim : Linda Syofyan
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas