VISI : "DISIPLIN, UNGGUL DALAM BIDANG AKADEMIK, BERPRESTASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, BERDAYA SAING, BERBUDAYA, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN BERAKHLAK MULIA."
Banner
Bioun SMA OnlineSnmptnE-RaporPipPmpDapodikKemdikbud
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 35374
Pengunjung : 11585
Hari ini : 12
Hits hari ini : 52
Member Online : 0
IP : 3.228.10.17
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

   
Agenda
24 September 2020
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Bersiap New Normal

Tanggal : 10-06-2020 17:53, dibaca 110 kali.

´╗┐Tatanan baru beradaptasi dengan Covid-19 atau kenormalan baru alias new normal akan mulai diterapkan di beberapa daerah yang terbukti sudah aman dari Covid-19. Setidaknya sudah 102 daerah yang diizinkan pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menerapkan new normal . Bukan tanpa alasan pemerintah mulai menerapkan new normal di beberapa daerah tersebut. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, new normal mau tidak mau harus dilaksanakan demi menghindari bahaya penularan Covid-19 sekaligus keterpurukan ekonomi.

Ketika new normal, masyarakat diperbolehkan berkegiatan di luar rumah sehingga harus lebih siap siaga menjaga diri dengan menaati protokol kesehatan yang lebih ketat lagi. Protokol kesehatan tersebut berupa menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan tidak berkerumun dengan siapa pun.

Kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan social distancing sampai COVID-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Berikut 7 tips penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi kondisi New Normal.

1. Selalu Gunakan Masker Setiap Keluar Rumah

Sesuai saran dari Centers for Disease Control and Prevention, lembaga kesehatan AS, yang mengatakan bahwa kita perlu mengenakan masker kain di tempat umum. Dengan mengenakan masker, kita diharapkan dapat memperlambat dan mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.

2. Kantongi Hand Sanitizer Setiap Berpergian

Kondisi New Normal membuat kita terpaksa akan lebih sering berada di luar rumah. Kita semua akan kembali bersentuhan dengan apa pun yang ada di sekitar.

Oleh karena itu, pastikan selalu mambawa hand sanitizer dengan kandungan 70 persen ke mana pun berpergian. Gunakan hand sanitinzer setelah beraktivitas atau setelah melakukan hal apa pun.

3. Bersihkan Tempat dengan Disinfektan

Lakukanlah pembersihan tempat yang akan kita sentuh dengan disinfektan. Jangan biarkan kursi atau meja yang akan kamu singgahi dalam kondisi yang terawat, atau sering disentuh orang lain.

Sejauh ini, ada beberapa jenis disinfektan yang bisa kita gunakan. Pertama, alkohol berkadar 70 persen yang bisa disemprotkan ke permukaan barang-barang yang sering digunakan. Kedua, kita juga bisa menggunakan disinfektan lain, seperti yang dibuat menggunakan campuran larutan bayclin dan air.

4. Hindari Berkumpul di Keramaian

Dari semua anjuran, ini merupakan yang paling penting. Hindarilah berkerumun di tempat ramai selama kondisi New Normal.

Ada baiknya bila kita tetap tidak melakukan hal ini, kecuali memang benar-benar perlu. Sebab, kita tidak pernah benar-benar mengetahui kondisi kesehatan orang yang kita temui.

5. Bawa Peralatan Pribadi

Apabila kamu pegawai kantoran yang akan menghabiskan waktu di tempat kerja, alangkah baiknya membawa kebutuhan pribadi dari rumah. Sementara ini, jangan menggunakan fasilitas publik yang biasa digunakan banyak orang.

Bawalah alat makan, tempat minum, dan peralatan lain yang kamu butuhkan. Hal ini harus sangat diperhatikan untuk mengurasi risiko terpapar virus.

6. Gunakan Metode Cashless untuk Berbelanja

Dalam masa pandemi seperti ini, sebaiknya kita beralih ke metode cashless saat berbelanja. Sebisa mungkin, hindari menggunakan uang tunai, karena uang itu mungkin sudah dipegang oleh banyak orang.

Jika terpaksa harus menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.

7. Jalani Pola Hidup Sehat

Hal inilah yang sangat penting, kita semua harus menjalani pola hidup sehat di antaranya seperti menjaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hingga hindari stres.

Lalu jangan pernah lakukan aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena dengan begitu, tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.


Sumber:  Kompas.com, INSERTLIVE,  dan Tirto.id

https://nasional.kompas.com/read/2020/06/09/09312461/new-normal-keberhasilannya-bergantung-pada-kedisiplinan-masyarakat?page=all#page2.
https://tirto.id/fDB3
https://www.viva.co.id/berita/nasional/1219856-jelang-new-normal-berikut-peralatan-yang-wajib-dibawa-saat-aktivitas

Sumber Foto: BNPB



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas